Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19

Penulis

  • Istianah Surury Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mitha Nurjanah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Azhar Hana Ardiani Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58185/j-mestahat.v1i2.78

Kata Kunci:

tingkat stress, Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Covid-`19

Abstrak

Pembelajaran daring merupakan solusi di masa pandemi COVID-19, namun juga memiliki kekurangan. Menghadapi metode pembelajaran daring membuat mahasiswa merasa cemas. Cemas yang berkepanjangan dapat menyebabkan stress yang mengganggu aktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian tingkat stress pada mahasiswa dalam proses pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain study cross-sectional. Sampel berjumlah 100 mahasiswa dengan teknik sampling Two Stage Cluster dan dilakukan pada Oktober-Desember 2020. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan, variabel sarana prasarana (p-value=0.057) dan kesulitan memahami materi (p-value=0.045) berhubungan dengan tingkat stress dalam pembelajaran daring. Variabel yang tidak berhubungan adalah status ekonomi (p-value=0.621), kendala jaringan (p-value=0.892) dan tugas perkuliahan (p-value=0.442). Faktor sarana dan prasarana seperti gadget memiliki pengaruh yang signifikan dalam memicu tingkat stress pada mahasiswa. Ketika sarana tersebut tidak dapat digunakan untuk mengakses perkuliahan, maka mahasiswa menjadi kesulitan mengikuti pembelajaran daring. Begitu pula ketika materi yang disampaikan tidak dapat dipahami, akibatnya mahasiswa tidak dapat memahami materi dengan baik, dan ini memicu stress mahasiswa.

Kata kunci: COVID-19, Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Tingkat Stress.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anwar, A. A., Tuhuteru, A., Agama, I., & Negeri, K. (2020). Ale Rasa Beta Rasa : Covid-19 dan Pembelajaran Daring Mahasiswa FISK IAKN Ambon. 3.

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40–47.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., & Dong, J. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information . January.

Kartika, S. M. (2020). TINGKAT STRES MAHASISWA S1 KEPERAWATAN TINGKAT 19 AND ONLINE LECTURER AT KARYA HUSADA HEALTH INSTITUTE. 31–35.

Kartika, S. M., Maia, B. R., Dias, P. C., Maharani. E. A, Anwar, A. A., & Tuhuteru, A. (2020). Faktor Risiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. 30 September, 3(1), 134–140.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan. In 10 Maret.

Legiran, Azis, M. Z., & Bellinawati, N. (2015). Faktor Risiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 2(2), 197–202.

Livana, Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Lutfiah. (2020). Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online di Rumah Selama Pandemi COVID-19. Dealektik, 2(2), 69–73.

Maharani. E. A. (2017). Analisis komparatif faktor penyebab dan tingkat stres guru PAUD selama menjalani tugas belajar strata-1 (S1). On Indonesian Islam, Education And Science (ICIIES).

Maia, B. R., & Dias, P. C. (2020). Ansiedade , depressão e estresse em estudantes universitários : o impacto da COVID-19 Anxiety , depression and stress in university students : the impact of COVID-19. 1–8.

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning During a Pandemic. The Clearing House. Journal of Education Strategies, Issues and Ideas, 93 (3), 134–140.

Nuallaong, W. (2011). Correlation between stressors and academic performance in second year medical students. J Med Assoc Thai, 7 (5).

Putri, R. M., Oktaviani, A. D., Setya, A., Utami, F., Addiina, A., & Nisa, H. (2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta The Relationship of Distance Learning and Somatoform Disorders with Stress Levels of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Students. 2(1), 38–45.

Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. 02(02), 81–89.

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). 6(1), 214–224.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2020). Analis Data Covid-19 Indonesia. In 30 september.

Uswatun, H., Ludiana, I., & Livana, P. (2020). Gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selama pandemi covid-19. 8(3), 299–306.

Worldometers. (2020). Corona Virus Uppdate (Live). In 30 september.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-23

Cara Mengutip

Surury, I., Nurjanah, M., & Ardiani, A. H. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. J-Mestahat, 1(2), 86–97. https://doi.org/10.58185/j-mestahat.v1i2.78