https://jsemesta.iakmi.or.id/index.php/jm/issue/feedJurnal Semesta Sehat (J-Mestahat)2025-06-30T00:16:30+07:00Thresya Febriantithresya.febrianti@umj.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat)</strong> merupakan <em>open acces</em> dan<em> peer-reviewed journal</em>. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasi penelitian orisinil dan literatur review yang berhubungan dengan isu kesehatan masyarakat yang ada di dunia.</p> <p><strong>Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat) </strong>pertama kali dipublikasikan pada bulan Februari 2021. Topik yang dimuat dalam jurnal ini adalah topik keilmuan yang sesuai dengan peminatan kesehatan masyarakat (Biostatistik, epidemiologi penyakit menular dan tidak menular, informatika kesehatan, kesehatan reproduksi, manajemen asuransi kesehatan, manajemen informasi kesehatan, manajemen pelayanan kesehatan, manajemen rumah sakit, promosi kesehatan, kebijakan kesehatan, gizi kesehatan masyarakat, keselamatan dan kesehatan kerja, dan kesehatan lingkungan). <strong>J-Mestahat</strong> dipublikasikan 2 kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus.</p> <p>Untuk pengajuan artikel (<em>submission</em>) dibuka sepanjang tahun. Sebelum mengirimkan artikel, harap pastikan bahwa naskah sudah sesuai dengan fokus dan ruang lingkup <strong>J-Mestahat</strong> dan mengikuti template naskah yang sudah tersedia.</p>https://jsemesta.iakmi.or.id/index.php/jm/article/view/149Stigma di Kalangan Tenaga Kesehatan Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa2025-06-30T00:16:30+07:00Arum Ariasiharumariasih2012@gmail.comAisyah Maulina Zjubaidiaisyahmza@gmail.com<p>Stigma terhadap Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dapat menghambat akses layanan kesehatan, kualitas perawatan, dan proses pemulihan. Penelitian ini mengevaluasi stigma di kalangan tenaga kesehatan serta menganalisis faktor sosiodemografi dan profesional yang mempengaruhi stigma tersebut. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif dengan pendekatan <em>cross-sectional</em>, data dikumpulkan pada Oktober 2024 dari 62 tenaga kesehatan di Puskesmas dan Dinas Kesehatan di Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Instrumen yang digunakan adalah CAMI-12, dengan analisis distribusi frekuensi, uji <em>Independent T-test</em>, dan ANOVA. Mayoritas responden adalah perempuan (75,8%), berusia <37 tahun (51,6%), perawat (50,0%), dan telah bekerja lebih dari 10 tahun (58,1%). Skor rata-rata CAMI-12 adalah 28,87 (SD=4,67). Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis kelamin dan profesi berhubungan signifikan dengan stigma dan faktor pengecualian (p<0,05). Namun, usia, pendidikan, status pernikahan, lama bekerja, dan pengalaman menangani program kesehatan jiwa tidak menunjukkan hubungan signifikan. Stigma masih ditemukan di kalangan tenaga kesehatan, terutama berdasarkan jenis kelamin dan profesi, sehingga diperlukan pelatihan khusus untuk menguranginya. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengidentifikasi faktor lain yang mempengaruhi stigma dan efektivitas strategi pengurangannya dalam layanan kesehatan di Indonesia.</p> <p>gannya dalam layanan kesehatan di Indonesia.</p>2025-02-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat)https://jsemesta.iakmi.or.id/index.php/jm/article/view/150Determinan Kepuasan Pasien terhadap Layanan Kesehatan di RSKB Columbia Asia Pulomas Tahun 20242025-06-30T00:16:14+07:00Ryan Aidil Hersyafryanaidil20@gmail.com<p><strong><em>Background:</em></strong><em> Hospitals, as public services, can damage their image if the service provided does not meet the public's expectations, as reflected in complaints through the mass media and social networks. One of the improvement efforts is through surveys to measure patient satisfaction. Research Objective: To identify the factors that affect patient satisfaction with healthcare services in the Inpatient Ward at RSKB Columbia Asia Pulomas in 2024. <strong>Method:</strong> A quantitative study with an analytical observational approach, using purposive sampling techniques and involving 106 respondents. Data was collected through questionnaires and analyzed with univariate, bivariate (chi-square test), and multivariate (multiple linear regression) analyses. <strong>Main Results:</strong> Based on the analysis of the five service quality dimensions (tangible, empathy, reliability, responsiveness, assurance), the average patient assessment of RSKB Columbia Asia's services was good to very good. The bivariate analysis showed that gender (p-value: 0.293), age (p-value: 0.124), length of stay (p-value: 0.124), and employment (p-value: 0.983) were not related to patient satisfaction. The multivariate analysis indicated that age had the greatest influence on patient satisfaction (beta: 0.295, p-value: 0.002). <strong>Main Conclusion:</strong> Both male and female patients tended to have similar levels of satisfaction, age differences were not the main factor affecting how patients rated healthcare service quality, length of stay did not directly affect patient satisfaction, and both employed and unemployed patients had relatively the same level of satisfaction. <strong>Recommendations:</strong> Hospital leadership should emphasize the importance of empathy in every aspect of service and set an example by interacting empathetically with both staff and patients.</em></p>2025-05-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat)https://jsemesta.iakmi.or.id/index.php/jm/article/view/139Hubungan Faktor Individu terhadap Stres Kerja pada Pegawai PT PLN (Persero) UP3 Ternate2025-06-30T00:15:58+07:00Nurseto Jati Wijoyosetto19.22@gmail.comUsman Usmanusman@mail.ugm.ac.idArif Susantoarifsusanto@mail.ugm.ac.id<p><em>In 2023, 49% of 1,8 million workers in the United Kingdom experienced stress, depression, and anxiety. This indicates that everyone who works can experience work-related stress. This study aims to analyze work-related stress among employees of PT PLN (Persero) UP3 Ternate, determined from the six aspects outlined in the Appendix of the Regulation of the Minister of Manpower of the Republic of Indonesia Number 05 of 2018. The study involved 30 respondents, representing the entire workforce. This research is a quantitative study with a cross-sectional design. The research method uses a survey, with a saturated sampling technique. The survey results show that the overall level of work-related stress felt by employees of PT PLN (Persero) UP3 Ternate is classified as moderate, with an average score of 15,91. The highest factor was related to quantitative workload, with a score of 17,6. A total of 27 respondents experienced moderate work stress. Based on the survey results, it can be concluded that there is a relationship between gender, the workload received, and work stress among employees of PT PLN (Persero) UP3 Ternate in 2024. Providing a balanced workload to all employees and delegating tasks according to their expertise can help reduce stress factors among employees of PT PLN (Persero) UP3 Ternate.</em></p>2025-05-24T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat)