Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Bunda Sejati Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Pada Masa Pandemi COVID-19

  • Shinta Nur Azizah perum bumi indah tahap 1 blok ra. 23 rt.07 rw.06
  • Riska Edwi Meilia 3Administrasi Kebijakan Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
  • Frida Kasumawati 3Administrasi Kebijakan Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
Keywords: komunikasi pemasaran, rumah sakit, loyalitas pasien rawat jalan

Abstract

Pandemi COVID-19 merupakan fenomena yang terjadi secara global dan berdampak pada semua sektor salah satunya institusi pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Rumah Sakit Bunda Sejati berdasarkan Input (Man, Money, Machines, Method), Process (Strenghts, Weakness, Opportunity, dan Threats) dan Output (faktor sosial dan faktor pribadi) terhadap loyalitas pasien rawat pada masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil utama penelitian ini strategi komunikasi pemasaran Rumah Sakit Bunda Sejati (Input, Process, Output) sudah berjalan sesuai dengan standar pelayanan dalam meningkatkan loyalitas pasien rawat jalan. Variabel Input (Man) SDM dirasa kurang, lima petugas dalam tiga shift, variabel Process (Weakness) ketersediaan SDM pemasaran (Humas) hanya satu petugas, variabel Output terkendala faktor sosial dan faktor pribadi yaitu kebijakan pemerintah dan kecemasan masyarakat dalam pengobatan ulang sehingga penurunan persentase kunjungan pasien rawat jalan pada masa pandemi COVID-19. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi komunikasi pemasaran rumah sakit menggunakan input, process, output dapat meningkatkan loyalitas pasien rawat jalan. Saran untuk Rumah Sakit untuk meningkatkan loyalitas pasien rawat jalan dengan mengoptimalkan pelatihan dan pendidikan SDM dalam pengelolaan media sosial serta melakukan penambahan jumlah petugas front office agar komunikasi pemasaran yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, L., Irwan, I., & Hiola, F. 2020. Analisis Gejala Klinis Dan Peningkatan Kekebalan Tubuh Untuk Mencegah Penyakit Covid-19. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 2(2), 71–76.
Amri, K. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Surat Kabar Harian Serambi Indonesia di Kota Banda Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 229–242.
Anggraeni, D. S. 2015. Implementasi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. JomFISIP, 2(1), 1–14.
Basuki, K. 2019. Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Islam Malahayati Dalam Meningkatkan Kunjungan Pasien Di Kota Medan. Jurnal Online Internasional & Nasional, 53(9), 1689–1699.
Fahriza, M., & Pujiyanto, P. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran Rumah Sakit: Systematic Review. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 13(2), 100–108.
Febriani, L. F., & Santi, D. E. 2021. Kecemasan Berobat ke Pelayanan Kesehatan Selama Pandemi pada Masyarakat Randutatah Paiton Probolinggo. 3(November), 34–42.
Dachi, R. A. 2017. Proses dan Analisis Kebijakan Kesehatan (Suatu Pendekatan Konseptual).Yogyakarta: Budi Utama
Firmansyah, M. A. 2020. Buku Komunikasi Pemasaran. Surabaya: Qiara Media
Gunawan. 2021. Pengaruh Penerapan Tqm ( Total Quality Manajemen ), Partisipasi Anggaran Dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr . Rm Pratomo Bagansiapiapi. 78–89.
Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Hanafi, M. 2015. Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen. Jurnal Managemen, 1(1), 30-59.
Hasibuan. R. 2020. Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan. Jurnal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 8(1), 7–65.
Hastuti, R. 2018. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Santa Clara Madiun Tahun 2018. Jurnal Keperawatan, 6(11), 49-70.
Juliansyah, A. T. 2019. Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Teknoinfo, 11(2).
Julianti, I., & Delliana, S. 2020. Rebel Together Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Madformakeup Di Tengah Pandemi COVID-19. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 207–228.
Jumriati, Satrianegara, M. F., & Habibi. 2020. Pemanfaatan Kembali Pelayanan KesehatanOleh Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Syekh Yusuf Tahun 2019. Higiene: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 6(1), 1–7.
Kafa, R. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Jasa Rumah Sakit (Studi Pada Pasien Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotagede). Jurnal Bisnis Islam, VIII(1), 105–121.
Lia Noviana, E. S. G. 2018. Harapan Pasien, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(3), 38–50.
Mariyanti, S., & Citrawati, A. 2011. Burnout Pada Perawat Yang Bertugas Di Ruang Rawat Inap Dan Rawat Jalan Rsab Harapan Kita. Jurnal Psikologi, 9(02), 2–5.
Miauw, K. Y. H. 2016. Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 567–575.
Nasruddin, R., & Haq, I. 2020. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7),
Permatasari, A. 2017. Analisa konsep perencanaan strategis. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 9(2), 13–17.
Piksi Ganesha, P. 2021. Analisis Kebutuhan Sdm Petugas Rekam Medis Dengan Menggunakan Metode Analisis Beban Kerja Kesehatan (Abk-Kes). Jurnal Ilmiah Indonesia, 2021(8), 1021–1028.
Prasetyono, U. 2015. Pengaruh Terhadap Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung.
Pratiwi, N. I. 2017. Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202–224.
Purba, B. 2021. Manajemen Komunikasi Pemasaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Rofifah, D. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada MCDonald’s Cabang Shinta Karawaci. Jurnal Bina Manajemen, 10(1), 254-267.
Sarasati, F. 2019. Kepercayaan Masyarakat Pada Rumah Sakit Siloam. Jurnal Penelitian Komunikasi, 1(2). 133-142.
Setyanto, A. E., Anggraini, L. S., & CW, D. T. 2015. Implementasi Model Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah. Komunikasi Massa Jurnal, 8(2).
Setyawan, A. A. 2012. Menuju Sebuah Teori Umum Pemasaran. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 1–9.
Shidiq, U., & Choiri, M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Sukoco, B. M., & Hartawan, R. A. 2011. Pengaruh Pengalaman Dan Keterikatan Emosional Pada Merk Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 4(3), 1–12.
Wijaya, I. S. 2015. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan. Lentera, 17(1), 53–61.
Yuliana. 2018. Al Tamimi Kesmas Analisis Pengendalian Kejadian Salah Sisip Dokumen Rekam Medis Di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Tahun 2018. Journal of Public Health Sciences, 7, 99–100.
Zahari, A. 2018. Startegi Komunikasi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Kesehatan Rumah Sakit Permata Hati Duri Kabupaten Bengkalis. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Published
2022-08-24
How to Cite
Shinta Nur Azizah, Riska Edwi Meilia, & Frida Kasumawati. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Bunda Sejati Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat), 2(1), 26-36. https://doi.org/10.58185/j-mestahat.v2i1.88