Determinan Kepuasan Pasien terhadap Layanan Kesehatan di RSKB Columbia Asia Pulomas Tahun 2024
DOI:
https://doi.org/10.58185/j-mestahat.v5i1.150Kata Kunci:
Mutu pelayanan, Kepuasan pasien, Rumah sakitAbstrak
Rumah sakit sebagai pelayanan publik dapat merusak citranya jika pelayanan tidak memenuhi harapan masyarakat, terlihat dari keluhan di media massa dan jejaring sosial. Salah satu upaya perbaikan adalah dengan survei untuk mengukur kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor–faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSKB Columbia Asia Pulomas tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan analitik observasional, menggunakan teknik purposive sampling dan melibatkan 106 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan analisis univariat, bivariat (uji chi square), dan multivariat (regresi linier berganda). Rata-rata pasien menilai pelayanan RSKB Columbia Asia baik hingga sangat baik. Analisis bivariat menunjukkan jenis kelamin (p-value: 0,293), (p-value: 0,124), lama hari rawat (p-value: 0,124), dan pekerjaan (p-value: 0,983) tidak berhubungan dengan kepuasan pasien. Namun, analisis multivariat menunjukkan usia memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan pasien (beta: 0,295, p-value: 0,002). Pasien pria dan wanita memiliki tingkat kepuasan serupa, usia tidak mempengaruhi penilaian kualitas pelayanan, durasi perawatan tidak langsung mempengaruhi kepuasan, dan pasien yang bekerja maupun tidak bekerja menunjukkan tingkat kepuasan yang sama. Kepemimpinan rumah sakit harus menekankan pentingnya empati dalam setiap aspek pelayanan dan memberikan contoh dengan berinteraksi secara empatik dengan staf dan pasien.
Unduhan
Referensi
Araujo, E. B. de. (2022). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Pelayan. Jurnal Rekam Medis Dan Manajemen Informasi Kesehatan, 2(2), 29–39. https://unkartur.ac.id/journal/index.php/jurmik/article/download/105/124
Arifin, S., Rahman, A., Muhyi, R., Putri, A. O., & Hadianor. (2019). Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Fasilitas Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Muara Laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(2), 41–45. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JPKMI/article/view/7457
Azzahra, F. P., Nababan, D., Syapitri, H., Marlindawani, J., Tarigan, F. L., & Warouw, S. P. (2023). Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan melalui Pengukuran Harapan dan Persepsi pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bun Kosambi Tangerang. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(3), 16114–16131. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/19274/14393
Faridah, I., Afiyanti, Y., & Basri, M. H. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Periuk Jaya Tahun 2020. Jurnal Kesehatan, 9(2), 1–14. https://jurnal.uym.ac.id/index.php/kesehatan/article/download/174/101
Handayany, G. N. (2020). Kualitas Pelayanan Kefarmasian & Kepuasan Pasien (Amirullah, Ed.). Media Nusa Creative.
Humas FK UGM. (2023). Fenomena Berobat ke Luar Negeri Masyarakat Indonesia. UGM. https://fkkmk.ugm.ac.id/fenomena-berobat-ke-luar-negeri-masyarakat-indonesia/#
Hutahaean, S., & Nababan, D. (2022). Analisis Hubungan Lama Perawatan dan Jenis Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di RS X. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 6(3), 255–260.
Ilkafah. (2022). Kepuasan Pasien sebagai Indikator Mutu dalam Pelayanan Kesehatan. Unair News. https://news.unair.ac.id/id/2022/01/04/kepuasan-pasien-sebagai-indikator-mutu-dalam-pelayanan-kesehatan/
Kementerian Kesehatan RI. (2024). Presiden: Permasalahan Kesehatan Harus Diatasi Bersama. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20210406/5837436/cegah-masyarakat-berobat-ke-luar-negeri-wamenkes-ingin-rsup-dr-m-djamil-tingkatkan-pelayanan-kesehatan/
Kwary, M. L. (2019). Pengaruh Faktor Motivasi dan Reputasi Rumah Sakit terhadap Behavioral Intention Kunjungan Medis Ke Malaysia. AGORA, 7(2), 1–6.
Mariasih, N. K., Antarini, A. A. N., & Padmiari, I. A. E. (2023). Hubungan Kepuasan Pasien terhadap Cita Rasa Makanan dengan Lama Hari Rawat di Rumah Sakit Umum Wisma Prashanti Tabanan. Jurnal Ilmu Gizi, 12(2), 79–87.
Mee, L. Y., Huei, C. T., & Chuan, S. B. (2018). Medical Tourists‘ Behavioral Intention in relation to Motivational Factors and Perceived Image of the Service Providers. Nternational Academic Journal of Organizational Behavior and Human Resource Management, 5(3), 1–16. https://www.researchgate.net/publication/326508198_Medical_Tourists%27_Behavioral_Intention_in_relation_to_Motivational_Factors_and_Perceived_Image_of_the_Service_Providers
Morika, H. D., Sari, P. M., Anggraini, S. S., Ulfa, N., Nofia, V. R., Herlina, A., Sandra, R., & Sari, I. K. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Kota Padang. Jurnal Medika Udayana, 11(2), 46–51. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/download/93614/47482
Oroh, M. E., Rompas, S., & Pondaag, L. (2014). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan.
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit, Peraturan Menteri Kesehatan (2020). https://peraturan.bpk.go.id/Details/152506/permenkes-no-3-tahun-2020
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (2017). https://peraturan.bpk.go.id/Details/132600/permen-pan-rb-no-14-tahun-2017
Rismaniar, Zaman, C., & Anggreny, D. (2022). Analisis Kepuasan Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien di Puskesmas Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, 5(1), 194–201. https://journal.ukmc.ac.id/index.php/joh/article/download/404/383
Setyaningsih, D., Novika, A. G., & Angelika, M. D. (2024). Hubungan Karakteristik dengan Kepuasaan Pasien dalam Pelayanan Komplementer oleh Bidan. Media Ilmu Kesehatan, 13(1), 105–111. https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/mik/article/download/1267/778/
Sihaloho, N. S. R. U., & Herliana, I. (2017). Hubungan Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan DenganTingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Mitra Keluarga. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 7(2), 239–247. https://journals.stikim.ac.id/index.php/jiiki/article/view/240/176
Utami, Y. T. (2018). Pengaruh Karakteristik Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di UPTD Puskesmas Penumping Surakarta. Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 8(1), 57–65.
Widiasari, Handiyani, H., & Novieastari, E. (2019). Kepuasan Pasien terhadap Penerapan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), 43–52.
Yasmini, Widjijati, Rinami, Purwasih, S., Sersanti, W., Lavisa, H., & Ivon, N. (2015). Hubungan Caring Perawatan Pelaksana dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap di SMC RS Telogorejo Semarang.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 J-Mestahat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
 
						 
							








