Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit

Penulis

  • Hana Khairun Nisa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Dela Aristi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58185/j-mestahat.v3i1.102

Kata Kunci:

loyalitas pasien, rumah sakit, rawat jalan

Abstrak

Loyalitas pasien merupakan hal yang sangat penting bagi rumah sakit untuk bertahan pada masa persaingan industri rumah sakit yang semakin ketat. Rumah sakit dengan tingkat loyalitas pasien rendah akan menyebabkan menurunnya daya saing yang dimiliki rumah sakit. Hal tersebut akan menyebabkan rumah sakit mengalami penurunan profit dan perlu mengeluarkan biaya lebih banyak untuk menarik pasien baru. RSU Jampang Kulon mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien sebanyak 29% pada tahun 2020 dan 14% pada tahun 2021, dimana hal tersebut merupakan salah satu tolak ukur loyalitas pasien. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan loyalitas pasien Instalasi Rawat Jalan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan terhadap 165 responden. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 62,4% responden loyal terhadap Instalasi Rawat Jalan RSU Jampang Kulon. Hasil uji chi-square menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kepuasan pada variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, empati, jaminan, kemudahan akses, dan hambatan pindah dengan loyalitas pasien. Rumah sakit disarankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari segi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Selain itu, disarankan untuk menerapkan sistem member card untuk menciptakan hambatan pindah agar pasien memiliki loyalitas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adil, A., & Najib, M. S. M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Biaya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien RSUD Kota Bogor. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 14(3), 432–441.

Ar-rasily, O. K., & Dewi, P. K. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Orang Tua Mengenai Kelainan Genetik Penyebab Disabilitas Intelektual di Kota Semarang. Kedokteran Diponegoro, 5(4), 1422–1433.

Arianto, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Premier Bintaro). Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 3(1), 1–9.

Dekrita, Y. A. (2021). Kinerja Keuangan Rumah Sakit Badan Layanan Umum Daerah. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.

Fitri, A., Najmah, & Ainy, A. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7(1), 22–31.

Gunawan, K. (2011). Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien ( Studi pada Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Singaraja – Bali ). JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 13(1), 32–39.

Hermansyah, H., Darmana, A., & Nur’aini, N. (2019). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Metode Servqual Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Aceh Timur Tahun 2018. Health Care : Jurnal Kesehatan, 8(1), 58–69. https://doi.org/10.36763/healthcare.v8i1.32

Juliani, F. A. (2015). Pengaruh Switching Barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonologi, 2(1), 101–104.

Kementrian Kesehatan RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://doi.org/10.1524/itit.2006.48.1.6

Kenedi, J., Lanin, D., & Agus, Z. (2018). Analisis Pengadaan Alat Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(Supplement 2), 9. https://doi.org/10.25077/jka.v7i0.818

Kristanti, D., Budiarto, W., & Wibowo, N. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Aksesbilitas Terhadap Loyalitas Pasien di Ruang Cempaka Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya. Jurnal Manajerial Bisnis, 3(1), 36–48.

Kusumapradja, R., Suandewi, N. P. A., & Germas, A. (2013). Analisis Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Karakteristik Pasien, dan Hambatan Pindah dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan RSUD Cibinong. Jurnal Forum Ilmiah, 10(1), 64–74.

Laksono, A. D., Mubasyiroh, R., Laksmiarti, Turniani Nurhoimah, E., Suharmiati, & Sukoco, N. E. (2016). Aksesibilitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia. Penerbit PT Kanisius.

Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 2–7.

Marzuq, N. H., & Andriani, H. (2022). Hubungan Service Quality Terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan : Literature Review. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16382–16395.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi. (2018). Data Terpilah Gender Kabupaten Sukabumi Tahun 2018 (pp. 1–37). Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sukabumi.

Peranginangin, S. A. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati Medan Tahun 2017. Jurnal Berkala Kesehatan, 3(2), 78–86.

Rekam Medik RSU Jampang Kulon. (2021). Data Kunjungan Instalasi Rawat Jalan RSU Jampang Kulon Tahun 2019 – 2021.

Rosalia, K. J., & Purnawati, N. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(5), 242718.

Satrianegara, M. F., Azis, J., & Rusmin, M. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Kunjungan Ulang Pelayanan Antenatal di Poliklinik Kebidanan RSUD Syekh Yusuf Kab. Gowa. Jurnal Kesehatan, 2(2), 17–34. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v13i1.16080

Setiawan, S. (2011). Loyalitas Pelanggan Jasa : Studi Kasus Bagaimana Rumah Sakit Mengelola Loyalitas Pelanggannya. Bogor : PT Penerbit IPB Press.

Siswoyo, B. E., & Supriyanto, S. (2013). Strategi Switching Barriers untuk Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1(1), 91–98.

Sugesti, H., & Tripitranto, B. (2016). Pengaruh Switching Barrier Terhadap Loyalitas Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia. JURNAL COMPETITIVE, 11(1), 9–15.

Tambuwun, A. A., Kandou, G. D., Nelwan, J. E., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2021). Hubungan Karakteristik Individu dengan Kepatuhan Berobat Pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Wori Kabupaten Minahasa Utara. JURNAL KESMAS, 10(4), 112–121.

Wirentanus, L. (2019). Peran Dan Wewenang Perawat Dalam Menjalankan Tugasnya Berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum, 10(2), 148. https://doi.org/10.31764/jmk.v10i2.2013

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-29

Cara Mengutip

Hana Khairun Nisa, & Dela Aristi. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit . J-Mestahat, 3(1), 31–45. https://doi.org/10.58185/j-mestahat.v3i1.102

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama