Tingkat Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir pada SDN Pinding Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara Tahun 2020

  • Rona Verolika Sari Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Otniel Ketaren Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Fridalina Tarigan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Donal Nababan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mido Ester Sitorus Universitas Sari Mutiara Indonesia
Keywords: Kesiapsiagaan, Bencana Banjir, Sekolah Dasar

Abstract

Pengurangan risiko bencana sangat diperlukan untuk menghadapi segala bencana terutama bencana banjir dikarenakan banyaknya dampak yang disebabkan bencana banjir salah satunya bisa terjadinya bencana longsor. Kesiapsiagaan merupakan salah satu mekanisme penanggulangan bencana serta sebagai upaya untuk antisipasi dan pengurangan akibat terjadinya resiko bencana. Kegiatan yang dilakukan untuk peningkatan kesiapsiagaan adalah dengan cara peningkatan pengetahuan dan sikap yang dilakukan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi bencana banjir Pada Sekolah Dasar Negeri Pinding Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara Tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain fenomenologi deskriptif melalui wawancara mendalam. Data yang dikumpulkan berupa rekaman dan catatan lapangan yang dianalisis. Penelitian ini mengidentifikasi empat poin yaitu kebijakan kesiapsiagaan, rencana tanggap darurat, peringatan bencana, dan mobilisasi sumber daya manusia Upaya pengurangan risiko bencana dalam menghadapi bencana banjir di Sekolah Dasar memiliki respon yang berbeda-beda tentang kebijakan kesiapsiagaan bencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks atau tingkat kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir di Komunitas SD Negeri Pinding Kecamatan Bambel masih tergolong kategori rendah.

 

Kata Kunci : Kesiapsiagaan, Bencana Banjir, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyoso, W. (2018). Manajemen Bencana. Jakarta: Bumi Aksara.

Bachtiar, Erniati; , Amin Ama Duwila; Muhammad Chaerul. (2021). Pengetahuan Kebencanaan dan Lingkungan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Bakornas, P. (2017). Arahan Kebijakan Mitigasi Bencana Perkotaan di Indonesia. Jakarta: Badan Koordinasi Nasional Penanganan Bencana.

Bank World. (2014). A Partical Guedeline to Making School Principals And School Pricinpals and School Commitees.

BNPB. (2015). Pedoman Satuan Pendidikan Aman Bencana. Jakarta.

BPBA. (2019). Tugas dan Fungsi Badan Penanggulangan Aceh. Dipetik Desember 06, 2019, dari https://bpba.acehprov.go.id/index.php/page/17/tugas-dan-fungsi.

Kemendikbud. (2017). Pendidikan Tangguh Bencana. Dalam Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencanadi Indonesia. Jakarta.

Kemendikbud. (2017). Pendidikan Tangguh Bencana. Dalam Seknas SPAB. Jakarta.

Kemenkes. (2013). Materi TOT PB dan Krisis Kesehatan PPKK. Jakarta.

Ketaren, O. (2015). Kesehatan Lingkungan Dalam Penanggulangan. Medan: USU Press.

Khambali, I. (2017). Manajemen Penanggulangan Bencana. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kurniawan, L. d. (2016). Inisiasi Sekolah Madrasah Aman Bencana. Riset Kebencanaan Indonesia, Vol 2, No 2.

LIPI. (2017). Pengembangan Framework untuk Mengukur Kesiapsiagaan Masyarakat terhadap Bencana Alam. Jakarta: LIPI Press.

LIPI. (2018). Panduan Mengukur Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat dan Komunistas Sekolah. Jakarta: LIPI Press.

LIPI. (2018). Panduan Monitoring dan Evaluasi Sekolah Siaga Bencana. Jakarta: LIPI Press.

Nurjanah, & dkk. (2014). Manajemen Bencana. Aceh: Procedia Economics and Fiannce.

Oktari, R. S. (2016). Akses Sekolah Terhadap Informasi Peringatan Dini Tsunami. Jakarta: Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara. (2019). Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Sakurai, & dkk. (2016). The 11 Year Assesment On School Safety and Disaster Education at the Public Elementary Schools in Banda Aceh After The 2004 Tsunami Preliminary Findings. Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Sarwidi, & dkk. (2015). Evaluasi Sekolah Siaga Bencana (Vol. Vol 2). Yogyakarta: Riset Kebencanaan UGM.

Syamsiah, & Noorman. (2017). Sekolah Aman Dari Bencana, Kontribusi Pemangku Kepentingan Untuk Penurunan Tingkat Risiko Bencana. Jakarta: UI Press.

Widodo, T., & dkk. (2014). Tingkat Kerentanan Bencana Banjir Sungai Citarum di Kecamatan Batujaya Kabupaten Kerawang. Karawang: Jurnal Diaolog Penanggulangan Bencana.

Published
2022-04-29
How to Cite
Rona Verolika Sari, Ketaren, O., Tarigan, F., Nababan, D., & Sitorus, M. E. (2022). Tingkat Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Banjir pada SDN Pinding Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara Tahun 2020. Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat), 1(2), 98-107. https://doi.org/10.58185/j-mestahat.v1i2.81